Band Sekarang Kayak Kentut

Kini, banyak band yang tiba-tiba ngehits di jagad hiburan televisi kita. Saking banyaknya, jari tangan dan kaki kita tidak akan cukup untuk menghitungnya. Tapi, keberadaan grup Band tersebut tak ubahnya kentut, tiba-tiba tercium baunya, tak berselang lama hilang entah ke mana.

band

Zaman sekolah dulu diajarkan hukum sebab akibat. Tidak lagi diminatinya band-band tersebut di ranah publik pasti ada sebabnya. Mari kita telisik lebih mendalam, apa yang menjadi sebab band-band tersebut tiba-tiba sirna dari jagad hiburan Tanah Air. 

Hijau Daun

Grup musik asal Teluk Betung, Bandar Lampung ini ngehits pada tahun 2009. Lagu-lagunya seperti Suara, Cobalah, dll mampu membius kaum muda. Sentak di warung-warung, di tongkrongan dan toko-toko kaset memutarnya. Namun beberapa tahun ke belakang popularitasnya kian melorot.  Saya kira bukan karena kru Hijau Daun tak mampu mencipta lagu yang ramah telinga, melainkan mereka salah memberikan nama pada gurp bandnya.

Mereka tidak menyadari, bahwa tak selamanya daun berwarna hijau. Daun akan menguning dan jatuh tertiup angin. Akhirnya jatuh kebumi, kering dan sirna dimakan bakteri. Seharusnya kalau meu mengambil nama pada tumbuhan, dinamakan saja Daun-Daunan Band. Pasti tingkat keawetannya tak diragukan lagi.

Plat Band

Tak jauh berbeda dengan Hijau Daun, tampaknya Plat Band tidak terlalu memerkirakan bahwa nama adalah sumber kehokian. Padahal semua orang di negeri ini, yang memiliki motor, tahu kalau masa berlaku plat cuma lebih lima tahun. Kalo udah habis masa aktifnya, kok brani-brani masih tampil di jalan raya ya disikat aparat. Maka jangan heran, jika kini Plat Band sudah hilang dari pusaran sejarah belantika musik Indonesia.

Kuburan Band

Kalo boleh menebak, sebelum skuad Kuburan Band menggunakan nama kuburan dan tampilan personil yang mengerikan sebagai identitasnya, grup yang satu ini riset mengenai kesukaan orang Indonesia. Orang Indonesia itu suka film horor dan masih percaya dengan penghuni kuburan. Maka, mereka memutuskan menggunakan nama kuburan untuk menarik perhatian masyarakat. Meski terdengar ngeri, kuburan sempat menggoyang jagad musik Indonesia dengan lagunya Lupa-lupa Ingat.

Tapi personil Kuburan Band tidak begitu jeli. Orang Indonesia menyukai film horor itu bukan karena ingin melihat gambaran setan pocong, kunti, tuyul dkk, melainkan penasaran ingin menonton adegan mesumnya. Mayan buat bahan imajinasi di kamar mandi. Nggak percaya, coba perhatikan orang-orang saat menonton film horor, kalau waktu setannya keluar mereka memilih menutup mata, tidak seperti saat muncul adegan ciuman hingga gulat di atas ranjang.

Kangen Band

Dari nama terdengar okelah. Tapi nama Kangen tak selalu dirindukan. Band ini kadang dirindukan, kadang pula dibuang begitu saja. Persis seperti nasib mantan. Inilah kangen atau rindu yang tak mengenal ruang dan waktu. Jadi tak heran jika kehidupan Kangen Band tak bisa ditebak-tebak. Kempas kempisnya tergantung suasana hati pemirsa.

Wayang Band

Inilah grup band yang nasionalis karena ingin menjaga kebudayaan asli Indonesia. Tapi malang nian nasib wayang. Era kekinian, nilai luhur budaya bergeser digantikan era berfoya-foya menghabiskan uang orang tua. Wayang masih ada, tetapi tidak terlalu seheboh jaman dulu. Pahit-pahitnya, ya, dipajang di museum. Dijadikan barang bukti kalau wayang adalah peninggalan nenek moyang.

Sebenarnya masih banyak lagi grup band yang kurang hoki karena menggunakan nama yang tidak diperkirakan masa aktifnya. Jika masih penasaran kenapa band-band di Indonesia tiba-tiba menghilang, silahkan tanyakan lewat komen dibawah. Kalo saya tak sibuk, nanti kita diskusikan. Tentu dengan analisa dan penelitian yang mendalam.

 

Ciputat Dua tahun yang lalu.

*Cuma bercanda, jangan ditanggapi serius!

Bijaklah dalam Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.