Pojok Rumah Kretek Indonesia

Kekasih, kali ini pojok Rumah Kretek Indonesia (RKI) dijamah oleh tangan-tangan kreatif para seniman yang selalu mempertimbangkan makna di setiap lakunya. Hampir 3 jam abangda-abangda salik itu bahu membahu, berbagi tugas dan saling menyeka keringat di tengah desingan peluru kesepian, akhirnya jadilah mini studio yang merepresentasikan keberagaman. .

Di dalamnya ada tas tentara, surat-surat tentara kepada kekasihnya, alat musik, kamera, kurungan burung hantu, tangga, lampu disko, amplifier, asbak, kain panjang hitam putih, lukisan dan kursi roda. Sekilas tampak biasa saja, tapi jika diamati lebih detail, susunan barang-barang di mini studio RKI ini ternyata telah diperhitungkan matang, sehingga menimbulkan maksud yang amat dalam. Ya, semacam narasi cerita melalui benda.

Saya memaknai benda dalam mini studio RKI tersebut adalah suara kematian pejuang yang ingin disampaikan kepada kekasihnya di tengah peluru yang melesat-lesat, tentu saja melalui alat musik bernada desingan senjata yang memekakakan telinga. Tetapi sebenarnya mereka hanya berghaib ria, karena mereka sejatinya terkurung dalam sangkar terbunuhnya kemerdekaan pikirannya sendiri.

Yang lebih penting dari sialnya tafsiran dan upaya memaknai adalah iktikad menjaga yang dimiliki, setidaknya menjaga tempat dulu, baru semoga dapat dipraktekkan kepada hati. .

Yang lebih penting lagi, di sela-sela benda-benda dalam mini studio RKI itu, aku melihat jiwa ragamu sedang menari-nari, mengajakku bergembira, Kekasih.

Foto-foto kegiatan santai dan kunjungan wartawan asing, mahasiswa, aktivis, akademisi serta lapisan masyarakat lainnya di Rumah Kretek Indonesia.

Foto: Dokumentasi Komunitas Kretek

Iklan

Bijaklah dalam Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.